[Notes] Sejauh Mana Pentingnya Eropa?

Disclaimer:

Tulisan ini semata-mata merupakan bentuk catatan singkat dari mata kuliah Dinamika Kawasan Eropa pada pertemuan awal mata kuliah ini. Substansi tulisan belum teruji kebenarannya dan memiliki kekurangan, sehingga kritik dan saran yang sifatnya konstruktif sangat diharapkan. Adapun tulisan ini merupakan murni hasil interprestasi penulis terhadap materi yang telah diberikan oleh dosen dan tidak bermaksud untuk merugikan pihak mana pun.

Sejauh Mana Pentingnya Eropa?

Sebagaimana yang telah kita ketahui, kekuatan dunia agaknya telah mengalami pergeseran. Mungkin, dulu kita melihat bahwa negara-negara Eropa merupakan negara pemimpin dunia. Hal ini didasarkan oleh banyaknya kemajuan di negara-negara tersebut. Akan tetapi, mengapa pada akhirnya kita tetap melihat bahwa Eropa itu merupakan kawasan yang penting untuk dipelajari?

european-landmarks-vector-580x358
European Landmarks

Eropa Sebagai Inspirator Dunia

Pada dasarnya, Eropa merupakan kawasan yang menjadi inspirasi kawasan lainnya. Sebut saja Asia Tenggara. Asia Tenggara melihat Eropa sebagai inspirasi dari ASEAN. Sehingga, banyak pembelajaran yang dapat diambil dari negara benua biru tersebut. Tidak heran apabila konsep ASEAN cukup mirip dengan Uni Eropa.

Abad Pencerahan: Titik Balik Peradaban Eropa

Perkembangan Eropa nyatanya memang harus ditarik jauh dari masa kontemporer yang sekarang. Dapat dikatakan perhatian dunia mulai mengarah ke Eropa sejak Abad Pencerahan (abad ke-15). Pada abad itu, masyarakat Eropa berusaha untuk mendobrak konservatisme gereja dan mulai bergerak ke paham yang lebih liberal.

Batasan Geografis yang Masih Diperdebatkan

Satu hal yang cukup menarik mengenai Eropa adalah, konsep geografis dari wilayah tersebut masih diperdebatkan. Hal ini disebabkan adanya negara-negara yang batas geografinya masih dipertanyakan. Sebagai contoh adalah Russia. Meskipun secara administratif negara tersebut masuk ke dalam Uni Eropa, akan tetapi wilayah Russia memanjang dari Eropa sampai Benua Asia. Maka dari itu, batasan suatu negara kembali lagi ke konstruksi yang diciptakan oleh negara-negara terkait.

Eropa dan Migrasi

Pembahasan mengenai wilayah Eropa yang menarik adalah mengenai migrasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orang memilih bermigrasi ke negara Eropa. Lands of promises menjadi faktor penarik yang kuat bagi orang-orang untuk melakukan migrasi. Sayangnya, adanya arus migrasi yang cukup besar ke wilayah tersebut, membuat negara-negara Eropa menjadi kelimpungan untuk menentukan sikap. Berbagai regulasi dicanangkan meskipun pada akhirnya malah melanggar hak dan norma yang ada.

Perkembangan Peradaban dan Peperangan di Eropa

Apabila kita membicarakan Eropa, maka mau tidak mau kita harus melihat dari peradaban yang ada di negara tersebut. Pada dasarnya, terdapat tiga hal yang berkembang di Eropa, yang kemudian mempengaruhi peradaban di seluruh duni. Ketiga hal tersebut adalah, budaya Yunani, ilmu pengetahuan dan hukum Yunani, serta Christianity (terdapat dua pusat: di barat (Roma) dan di timur (Moskow)).

Kemudian, pembahasan lainnya yang cukup menarik untuk dibahas dan berkaitan erat dengan bagaimana peradaban Eropa terbentuk hingga sekarang adalah, adanya beberapa kejadian penting yang berhubungan dengan perang. Ada lima perang besar yang pecah di wilayah tersebut, yakni perang Pelopenessian, Perang Salib, Perang Napoleon, Perang Dunia I, dan Perang Dunia II.

Eropa Sebagai Promotor Nilai dan Norma Dunia

Trauma akan perang membuat banyak masyarakat di Eropa yang berinisiatif untuk memunculkan berbagai norma. Sebagai contoh adalah HAM dan demokrasi. Tentunya, Eropa sekarang berusaha memperjuangkan norma yang dicanangkan secara maksimal. Akan tetapi, di sisi lain, negara berkembang seperti Tiongkok menganggap bahwa hal ini tidak adil karena pada dasarnya Eropa sudah pernah mengalami hal yang lebih buruk. Dalam artian, apabila Eropa mencoba untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, itu disebabkan oleh dirasakannya dampak yang luar biasa atas pembangunan yang semena-mena. Padahal, negara berkembang sama sekali belum merasakan dampak tersebut. Maka dari itu, banyak yang tidak menyetujui prinsip-prinsip yang dicanangkan oleh Eropa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s